Diberi kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak dan berbagi ilmu dan pengalaman adalah hal yang sangat membanggakan, selama dua hari saya dipercaya oleh dinas perhubungan komunikasi dan informasi (DISHUBKOMINFO) kabupaten Bangkalan untuk mengisi acara bertajuk Sosialisasi opensource bagi SKPD di Lingkungan Kabupaten Bangkalan, yang dilaksanakan tanggal 29-30 Nopember 2011. Acara tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan opensource di Bangkalan, dengan harapan Bangkalan bisa bisa bebas sorfware bajakan dan beralih ke opensource.

Kepercayaan yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik, saya pun berusaha untuk itu dari persiapan materi sampai teknik penyampaian harus benar-benar diperhatikan. Bahkan saya harus meminta panitia sosialiasai opensource untuk merubah sedikit format acara yang hanya berupa audiensi satu arah menjadi format semi workshop. Alhasil antusiasme peserta begitu terlihat ketika mereka diberi kesempatan untuk ikut mencoba.

Saya juga minta ijin untuk membawa beberapa asisten dari warga Lab untuk ikut memandu karena sebagian besar peserta yang membawa laptop bahkan langsung mencoba instalasi, walaupun acara itu hanya bertajuk sosialisasi opensource di kabupaten Bangkalan. Antusiasme yaang begitu besar telah membuat saya puas karena merasa bahwa saya telah berhasil berbagi untuk untuk orang lain.

benerapa tip yang mungkin berguna jika kita diberi kesempatan berbicara di depan orang banyak :
> kenali audien, dan berbicara seperti bahasa mereka
> selingi dengan sesuatu yang menarik, seperti humor
> jangan berbicara seolah-olah menggurui
> persiapkan presentasi yang menarik
> ajak audien untuk berkomunikasi
> etc


Leave a Reply